13 Sifat-sifat Negatif yang Harus Dijauhi


Pada Hari Minggu Tanggal 24-02-2010, OMK Santa Maria a Fatima Pekanbaru mengadakan rapat evaluasi yang membahas tentang kinerja kita selama ini dan juga sekalian membahas Kegiatan Tahunan yang akan kita jalankan selama setahun kedepan.

Seperti biasa rapat dibuka dengan doa, dan dibumbui dengan sedikit lagu-lagu pujian(emang makanan dibumbui), setelah doa dan nyanyian dikumandangkan, ketua memberikan selebaran kertas kepada anggota-anggota rapat yang ternyata berisi tentang 13 sifat-sifat negatif yang sering dilakukan oleh anggota-anggota OMK, ketua pun menyuruh untuk membaca dan merenungkannya.

Berikut ini 13 sifat negatif yang ditulis oleh ketua, bacalah dengan segenap hati dan renungkanlah:

“Sifat-sifat yang negatif” by Alfonsius P. Gultom(cie..cie ketua dang)

Sifat-sifat negatif banyak sekali macamnya dan semua itu mempengaruhi sekali dalam pergaulan. Bagi seseorang yang ingin maju dalam segala hal, sifat-sifat negatif haruslah dapat dihilangkan. Di bawah ini tercantum sifat-sifat yang dapat merusak jalannya pergaulan dan akhirnya merugikan diri sendiri.
  1. Sombong: Berasal dari kebanggaan diri karena prestasi maupun materi. Kedua “modal” tersebut selalu dibawa ke mana-mana, baik dalam masyarakat maupun pergaulan, tetapi kalau berjumpa dengan orang yang mempunyai “modal” lebih, Ia akan akan menjadi kuncup.
  2. Angkuh: Suatu sikap dalam pribadi yang selalu meninggikan diri. Di dalam pergaulan termasuk orang yang dingin. Dalam memilih sahabat hanya bersedia dengan orang yang sederajat.
  3. Pemarah: Orang yang mempunyai sifat demikian tidak pernah mempunyai banyak teman. Keadaan ini bisa disebabkan oleh penyakit darah tinggi dan emosi yang selalu meluap-luap, kurang terkendali oleh pikiran.
  4. Cerewet: cerewet atau bawel juga dikarenakan oleh emosi berlebihan dan kurangnya kontrol pada ucapannya. Apa yang terpikir langsung diucapkan tanpa meninjau situsi lagi.
  5. Egois: sifat mementingkan diri sendiri, segala sesuatu selalu dipusatkan pada dirinya. Dalam pergaulan termasuk orang yang kurang menyadari fungsi toleransi diantara sesamanya.
  6. Sok: Segala tindakan maupun ucapan selalu memperlihatkanbetapa hebat dirinya itu. Hal tersebut sebetulnya karena kurangnya pengalaman hidup dan di dalam keluarganya termasuk orang yang dimanja.
  7. Pembantah: segala pembicaraan dari teman-temannya selalu dibantah, seolah-seolah ia lebih tahu dalam berbagai hal. Soal perasaan orang lain dikesampingkan jauh-jauh, ia akan merasa puas kalau orang lain tidak berkutik karena perkataannya itu.
  8. Ingkar janji: banyak sekali orang yang tidak dapat menepati janjinya, atau apa yang telah dikatakan diingkarinya sendiri. Namu keadaan dapat dibedakan dalam dua hal. Pertama karena adanya halangan, sedangkan yang kedua memang sudah pembawaan(nah ini dia yang parah). Dalam pembicaraan ia selalu memberikan harapan yang menyenangkan, tapi dalam pelaksanaannya tak pernah sesuai.
  9. Iri: Perasaan iri hampir sama dengan cemburu atau jealous, hanya bidangnya lebih menyinggung soal kebendaan dan sifatnya sedikit lebih luas. Seseorang bisa saja timbul irinya bila melihat orang lain berpakaian bagus dan mahal. Keadaan ini dikarenakan selalu melihat ke atas dan jarang memperhatikan bahwa orang-orang yang kurang lebih banyak lagi.
  10. Rendah diri: Apa yang dinamakan dengan rendah diri itu sering kali akibat kurang banyak bergaul dengan orang  atau kurangnya keberanian untuk bergaul dengan yang lainnya daripada kurangnya materi. Suatu gejala dari sikap rohani karena cara berpikir yang kurang benar(dewasa).
  11. Pemurung: orang yang selalu mempunyai sifat pemurung tidak memiliki sukacita. Segala sesuatu seperti mengandung hal-hal yang menyedihkan dan dia seolah-olah menjadi manusia yang minta dikasihani oleh yang lainnya, padahal apabila benar-benar ada yang menjadikannya murung. Tak seharusnya ia selalu murung terus-terusan, karena bisa saja kemurungannya itu menjadi bahan pikiran bagi orang lain.
  12. Cepat tersinggung: menandakan kurangnya tolerasi dalam pergaulan dan akhirnya hanya merugikan diri sendiri.
  13. Jam Karet: suka mengulur-ulur waktu dari jam yang telah ditetapkan, orang-orang yang giat dan sukses selalu pelit dengan waktu, bagi yang mengulur waktu adalah perbuatan yang berbahaya dan merugikan.
Oke sudah dibaca kan teman-teman, berapa sifat negatif yang kamu miliki? Renungkanlah, setiap sifat-sifat negatif yang kita miliki, akan mengganggu kita dalam berkarya dan pergaulan kita, serta merugikan orang lain, terutama masalah Jam Karet, disini kita dituntut untuk on-time.

Sebagai orang muda yang kreatif kita harus bisa mengatur waktu kita dan disiplin, kenapa? Karena selama ini begitu banyak waktu kita terbuang hanya karena keterlambatan, baik itu pada saat koor, parkir, maupun kegiatan penting lainnya. Perlu diingat kita mengerjakan segala sesuatu di OMK tercinta kita ini untuk Tuhan, jadi bila kita sudah mengerjakan untuk Tuhan, berusahalah untuk memberikan yang terbaik.

Tulisan ini ditulis oleh: Alfonsus P. Gultom

13 Sifat-sifat Negatif yang Harus Dijauhi