Janganlah Mengeluh Tetapi Mengucap Syukurlah


Pernahkah kamu berkata seperti Ini “Tuhan ini tidak adil”, atau seperti ini “Mengapa hidupku begini“, kita merasa hidup ini tidak adil, kita merasa hidup ini tidak sesuai dengan harapan kita, yang bisa kita lakukan hanyalah mengeluh, dan bersungut-sungut kepada Tuhan yang akhirnya hanya membuat kita putus asa dan mematikan pertumbuhan iman kita.

Mengeluh itu adalah penyakit rohani yang sangat berbahaya bahkan menular(he..he..he kayak penyakit beneran), saya serius mengatakan bahwa mengeluh merupakan penyakit menular, anda bisa melihat contohnya di alkitab pada Bilangan 11:10-11, di ayat tersebut Musa Mendengar bangsa Israel menangis dan mengeluh di depan kemah mereka masing-masing dan Tuhan sangat murka akan hal itu, dan kemudian pada ayat ke 14-15, Musa mengatakan bahwa dia tidak dapat menanggung tanggung jawab atas bangsa Israel, bahkan Musa meminta agar Tuhan mengambil nyawanya supaya dia tidak harus melihat celakanya.

Pada saat itu Musa berada di tengah-tengah orang Israel yang kerjanya hanya mengeluh dan menangis dan bersungut-sungut, dan pada akhirnya Musa pun ikut terbawa-bawa mengeluh kepada Tuhan dan imannya mulai goyang, ia berputus asa dan meminta Tuhan untuk mengambil nyawanya. Temen-teman lihat dampaknya bila kita berada di tengah-tengah orang yang mengeluh, kita pun menjadi terbawa dan mulai berputus asa.

Sebagai Orang muda katolik yang dikasihi Tuhan, tentu kita sering mengeluh menghadapi berbagai persoalan-persoalan hidup ini, tetapi mengeluh bukanlah jawaban, dengan mengeluh persoalan yang kita hadapi justru semakin sukar, lalu apa yang Allah katakan agar kita dapat mengatasi semua itu, Tuhan berkata” Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Yesus Kristus bagi kamu!(Tesalonika5:18)”.

Tuhan menginginkan kita untuk selalu mengucap syukur akan segala hal, dengan mengucap syukur, imanmu akan diteguhkan dan dikuatkan, dengan mengucap syukur, Kuasa Tuhan dinyatakan dan bekerja, sehingga setiap masalah-masalah yang kita hadapi akan dapat kita selesaikan.

Oleh sebab itu jangalah selalu mengeluh, tetapi cobalah untuk mengucapkan syukur atas berkat  yang telah Tuhan berikan kepada kita setiap hari. Bersyukurlah dalam segala hal entah itu berkat ataupun  masalah-masalah yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita. Dengan mengucap syukur, kasih dan berkat Tuhan akan semakin melimpah dalam kehidupan kita.

Janganlah Mengeluh Tetapi Mengucap Syukurlah

  1. yup..
    mari mencoba...

    BalasHapus
  2. @reinhart

    Yup, benar kita harus sama-sama mencoba, agar menjadi orang yang lebih baik lagi.

    BalasHapus